Article | Maria Shandi | Official Website
Maria Shandi on 06/04/2019

Benarkah Manusia Diciptakan oleh Tuhan?

Suatu ketika, aku pernah berpikir, mengapa aku bisa mengasihi ibuku? Karena ibu yang melahirkanku, pikirku. Tapi, bagaimana aku tahu bahwa aku dilahirkan darinya? Aku berpikir, aku tahu dari kesaksian keluargaku dan bukti lainnya seperti surat lahir, foto masa kecilku, dan sebagainya. Tapi, bukankah aku belum sadar ketika aku dilahirkan? Bagaimana aku sungguh-sungguh tahu bahwa ia adalah ibu yang melahirkanku? Hmm, aku merenungkan sejenak hal ini.

M Maria Shandi
Maria Shandi on 06/04/2019

Melihat Tapi Tetap Tak Percaya

Beberapa waktu lalu, aku membuat resolusi untuk kehidupanku. Aku menuliskan hal-hal yang ingin kulakukan di waktu ke depan. Aku sangat bersemangat untuk segera mewujudkan rencana-rencanaku, tapi di sisi lain aku menjadi kuatir, aku takut kalau hal yang terjadi di depan tidak sesuai dengan harapanku. Aku khawatir tentang masa depanku, keluargaku, pekerjaanku dan banyak hal lainnya. Aku gelisah menghadapi hari esok, aku terus memikirkan, bagaimana kalau hal buruk terjadi di depan.

M Maria Shandi
Maria Shandi on 06/04/2019

Surat Cinta Lamaku

Sewaktu di Sekolah Menengah Pertama (SMP), aku sempat menjadi anggota sebuah organisasi siswa bernama OSIS. Salah satu tugas kami adalah terlibat dalam Masa Orientasi Siswa (MOS) yang diperuntukkan bagi siswa-siswa baru. Melalui MOS, siswa-siswa baru saling memperkenalkan diri dan diperkenalkan dengan lingkungan sekolah. Aku ingat, pada hari terakhir MOS, siswa-siswa baru tersebut diharuskan menulis surat cinta kepada anggota OSIS sebagai syarat lulus dari MOS. Jika mereka tidak melakukannya, selain tidak lulus dari MOS, mereka akan mendapat hukuman seperti bernyanyi atau berjoget di depan umum. Pada saat itu, aku sebagai OSIS menerima banyak surat cinta dari siswa-siswa baru.

M Maria Shandi
Maria Shandi on 06/04/2019

Melatih Otot

Aku pernah mengikuti pelatihan olahraga angkat beban. Tujuannya untuk menjaga stamina tubuh dan memiliki otot yang kuat. Aku ingat, ketika pertama kali latihan angkat beban, rasanya sangat melelahkan, walaupun aku memulainya dari beban yang paling ringan. Bahkan keesokan harinya, otot-ototku terasa sakit. Namun aku terus berlatih hingga beberapa waktu kemudian aku sudah cukup kuat untuk mengangkat beban yang lebih berat. Setelah aku terbiasa dengan beban yang berat, ketika aku berlatih menggunakan beban yang ringan, rasanya jauh lebih ringan daripada latihan yang pertama kali dan aku tidak merasakan sakit sama sekali.

M Maria Shandi
Maria Shandi on 06/04/2019

Hari Terakhirku

Hari itu, dadaku terasa sesak dan nyeri. Dokter yang kuhubungi melalui telepon menyatakan bahwa aku harus segera menjalani operasi karena penyakitku sudah stadium lanjut, walaupun kemungkinan berhasilnya sangat kecil. Ketika sampai di rumah sakit untuk menjalani operasi, aku merasakan nyeri yang semakin bertambah hingga aku tak berdaya untuk melakukan apapun. Kala itu, aku merasa bahwa hidupku akan segera berakhir. Jantungku berdebar kencang. Lalu, aku terbangun dari mimpiku.

M Maria Shandi
Maria Shandi on 06/04/2019

Debu Dalam Debu

Langit senja adalah salah satu pemandangan terindah buatku. Menatap langit senja bagaikan memandang sebuah lukisan indah yang tak berujung. Sering terlintas di pikiranku, tidak mungkin keindahan yang begitu sempurna terjadi dengan sendirinya, pasti ada Satu Pribadi Agung yang merancangnya. Rasa kagum ini membuatku ingin tahu lebih dalam tentang alam semesta. Ternyata dalam tata surya kita, bumi bersama tujuh planet lainnya berputar mengelilingi sebuah bintang bernama matahari. Tata surya kita bersama 160 milyar tata surya lainnya berada di sebuah galaksi bernama galaksi Bimasakti. Sedangkan total galaksi yang ada di alam semesta diperkirakan sekitar 2 triliun galaksi. Betapa luasnya jagat raya.

M Maria Shandi
Maria Shandi on 06/04/2019

Cinta Tulus Paul

Ada seorang kerabatku yang memiliki seekor anjing yang sangat setia bernama Paul. Paul ditemukan ketika sedang tersesat lalu dibawa pulang dan dipelihara. Semakin bertumbuh, Paul semakin ingin selalu berada dekat dengan tuannya. Setiap pagi, Paul selalu menunggu di depan pintu kamar untuk menyambut tuannya. Paul juga selalu menunggu kepulangan tuannya setiap sore di depan pagar rumah. Ketika tuannya tiba di rumah, Paul selalu melompat kegirangan menyambut kedatangannya. Selama di rumah, Paul selalu mengikuti kemana pun tuannya pergi dan berada dimana tuannya ada.

M Maria Shandi
Maria Shandi on 06/04/2019

Semua atau Tidak Sama Sekali

Aku mengenal seorang karyawan yang sangat berdedikasi dalam bekerja. Di mataku, ia adalah seorang pekerja yang totalitas, jujur dan tidak pernah berhenti belajar hal baru untuk kemajuan perusahaan. Ia selalu berusaha untuk menyelesaikan tugasnya walaupun harus pulang larut malam. Tak jarang hari liburnya pun direlakan untuk menyelesaikan pekerjaan yang membutuhkan kehadirannya. Istimewanya adalah ia tidak pernah mengeluh dan selalu terlihat bersemangat dalam kesehariannya. Pada suatu rapat, pimpinan perusahaan memberikan apresiasi kepadanya sekaligus menanyakan apa yang menjadi pemicu totalitasnya. Dengan sederhana, ia menjawab bahwa kebahagiaan keluarganya lah yang menjadi alasannya bekerja tanpa mengenal lelah. Aku bisa merasakan cintanya yang begitu dalam untuk keluarganya melalui totalitas hidupnya.

M Maria Shandi
Maria Shandi on 06/04/2019

Menerima Orang Lain

Aku pernah membaca sebuah kisah tentang seorang pemuda berumur 24 tahun yang sedang berada di dalam kereta bersama dengan ayahnya. Ketika kereta sedang berjalan, pemuda tersebut terlihat sangat antusias melihat pemandangan luar. Sambil terkagum, ia memberi tahu ayahnya bahwa pohon-pohon di luar sedang berlarian dan awan-awan di atas sedang mengikutinya. Lalu seorang yang duduk di depan pemuda tersebut merasa risih dengan tingkah lakunya yang kekanak-kanakan. Dia mendekati ayah dari pemuda tersebut dan berbisik memberikan saran agar anaknya dibawa ke dokter. Sambil tersenyum, sang ayah menjelaskan bahwa ia dan anaknya baru saja pulang dari rumah sakit karena anaknya buta sejak lahir dan baru mendapat penglihatan pertamanya di hari itu.

M Maria Shandi
Maria Shandi on 06/04/2019

Diasuh oleh Dunia

Aku pernah menyaksikan sebuah acara televisi tentang pengembalian orangutan ke habitatnya setelah dirawat beberapa tahun oleh tim dokter hewan. Namun, karena sudah terbiasa dirawat oleh manusia, biasanya mereka tidak bisa bertahan hidup jika langsung dilepaskan di alam liar. Jadi sebelum dilepas, orangutan tersebut diberikan pelatihan terlebih dahulu di hutan buatan. Tujuannya adalah mempersiapkan mereka untuk bertahan hidup di hutan yang sesungguhnya.

M Maria Shandi
Maria Shandi on 06/04/2019

Menyelesaikan Dosa

Ketika aku masih kecil, orang tuaku memberikan beberapa peraturan rumah yang harus aku taati, seperti tidak boleh pulang terlalu malam, harus gosok gigi sebelum tidur, tidak boleh bertengkar dengan kakak dan peraturan lainnya. Dulu aku menaati peraturan rumah karena takut dimarahi oleh orang tuaku. Namun karena aku belum cukup mengerti tujuan dari peraturan itu, tak jarang aku melanggarnya berulang kali. Ketika aku beranjak besar, aku mulai terbiasa untuk menaati peraturan rumah, namun bukan karena takut dimarahi tapi karena aku tahu tujuan dari peraturan tersebut dan tidak mau mengecewakan orang tuaku.

M Maria Shandi
Maria Shandi on 06/04/2019

Hari Ulang Tahunku

Ketika masih kecil, hari ulang tahun adalah hari yang paling aku nantikan. Biasanya aku akan tidur lebih malam demi menunggu ucapan dari keluarga dan teman-temanku. Rasanya sangat menyenangkan setiap kali menerima ucapan dari mereka, baik melalui telepon, kue ulang tahun, kado bahkan kejutan kedatangan mereka di depan rumah. Setelah beranjak dewasa, aku memiliki perasaan yang berbeda. Ucapan sederhana dari mereka yang menyayangiku setiap hari jauh lebih berharga dibandingkan ucapan meriah dari mereka yang menyapaku hanya setahun sekali. Perbuatan kasih yang diungkapkan sehari-hari jauh lebih berarti dari perayaan yang dilakukan setahun sekali.

M Maria Shandi
Maria Shandi on 06/04/2019

Ke Gereja atau Dukun?

Ini adalah kisah tentang seorang teman sekolahku. Ia memiliki seorang ayah yang ingin sekali menjadi kaya dalam waktu yang singkat. Lalu ayahnya mengambil jalan pintas dengan pergi ke kuasa gelap untuk meminta petunjuk agar keinginannya terwujud. Singkat cerita, ayahnya melakukan segala sesuatu yang diperintahkan oleh kuasa gelap tersebut, termasuk menyembah pohon, batu dan benda mati lainnya demi mendapatkan uang yang banyak. Kisah ini menyadarkanku tentang arti menyembah yang sesungguhnya.

M Maria Shandi
Maria Shandi on 06/04/2019

Tragis

Beberapa waktu lalu, aku mendapat kesempatan melayani di sebuah daerah di Indonesia. Karena yang mengundangku adalah salah satu perusahaan besar di daerah tersebut, aku diberikan segala fasilitas yang terbaik. Mulai dari kendaraan, tempat tinggal serta makanan terbaik selama di sana. Lalu aku diajak berkunjung ke pabrik perusahaan tersebut yang tergolong sangat mewah. Namun ada satu pemandangan yang membuat hatiku miris, dimana ada anak-anak kecil sedang mandi sambil minum dari keran air, tepat di samping pabrik yang aku kunjungi. Ternyata penduduk di sekitar situ harus menyeberang menggunakan rakit dari rumahnya setiap kali ingin mendapatkan air bersih. Bahkan di sepanjang jalan rumah warga tidak ada lampu jalan penerangan. Aku menjadi susah hati ketika melihat kenyataan di kala aku bisa menikmati semua fasilitas yang terbaik selama disana namun ada orang-orang di sekitarku yang hanya untuk mendapatkan air saja begitu sulit. Aku berpikir seandainya aku bisa mendapatkan kebahagiaan…

M Maria Shandi
Maria Shandi on 06/04/2019

Aku Adalah Prajurit

Ketika melayani di sebuah daerah, kami dijemput oleh seorang prajurit yang menjadi ajudan seorang komandan di daerah tersebut. Dalam perjalanan menuju tempat acara, kami saling berbagi cerita. Dalam pembicaraan kami, ada satu topik yang menarik perhatianku. Sang ajudan menceritakan tugasnya sehari-hari tentang pengabdiannya kepada sang komandan yang tidak mengenal waktu dimana dalam 24 jam dia hanya tidur kalau sang komandan tidur. Setelah itu dia akan sibuk mengurus segala keperluan sang komandan, termasuk menyediakan makanan yang disukai dan hal-hal lain menurut kebiasaannya. Oleh sebab itu, sang ajudan berusaha untuk mengerti selera dan kebiasaan komandannya agar bisa menyediakan apa yang diperlukan tanpa harus diminta. Karena hampir selalu bersama sang komandan, dia semakin mengerti pikiran, perasaan, kesukaan dan kebiasaan komandannya.

M Maria Shandi
Maria Shandi on 06/04/2019

Apakah Tuhan itu Baik?

Gosok gigi adalah salah satu hal yang wajib aku lakukan sebelum tidur. Kebiasaan ini sudah ditanamkan oleh ayahku sejak masih kecil. Waktu kecil, semalam apa pun aku pulang ke rumah, ayah pasti mengharuskanku untuk menggosok gigi terlebih dahulu sebelum tidur. Bahkan tak jarang walaupun aku sudah ketiduran di mobil, ketika sampai rumah si ayah menggendongku turun dari mobil dan membangunkanku untuk gosok gigi. Dulu, aku merasa ayah tidak baik karena menghalangiku untuk melanjutkan tidur lelapku. Seringkali aku menggerutu ketika ayah terpaksa menggosokkan gigiku karena aku tidak mau membuka mata. Sekarang, tanpa harus disuruh, sikat gigi sudah menjadi irama hidupku. Bahkan kalau tidak sikat gigi, biasanya aku akan sangat sulit untuk tidur. Setelah bertumbuh dewasa, aku menyadari ternyata aku memiliki ayah yang baik, yang mengajariku untuk bertanggung jawab atas tubuhku. Walaupun dulu rasanya tidak nyaman buatku untuk menggosok gigi setiap malam, namun sekarang aku bisa menikmati salah…

M Maria Shandi
Maria Shandi on 06/04/2019

Menyambut Hari Esok

Dahulu, setiap kali menyambut pergantian tahun, saya hampir selalu membuat daftar resolusi tahun baru. Resolusi tersebut biasanya berisi prestasi yang ingin saya capai dan harapan di masa depan. Lalu saya mulai menyusun langkah-langkah yang harus saya lakukan untuk membuat rencana tersebut menjadi kenyataan. Tanpa disadari, fokus saya hanya tertuju pada ambisi pribadi tanpa memedulikan rencana dan perasaan Tuhan.

M Maria Shandi
Maria Shandi on 06/04/2019

Kado Natal

Momen Natal adalah salah satu momen yang paling saya nantikan ketika masih kecil. Biasanya sejak beberapa minggu sebelumnya, saya sudah bersemangat untuk menghias pohon Natal, memasang pernak pernik Natal di sekitar ruangan rumah dan mendengarkan musik bernuansa Natal. Pada saat itu saya merayakan hari Natal sebagai hari di mana saya bisa bangun lebih siang dari biasanya dan penuh dengan ritual tahunan yang sangat saya nikmati di mana saya bisa berkumpul bersama orang-orang yang saya cintai serta mengikuti perayaan di gereja. Semangat itulah yang membuat saya bersukacita setiap kali menyambut Natal.

M Maria Shandi
Maria Shandi on 06/04/2019

Kasih Tidak Sama dengan Memberi

Ada suatu peristiwa sederhana yang saya alami namun begitu membekas dan mengubah pandangan hidup saya, di mana suatu hari saya dan pasukan rumah sedang makan di salah satu restoran favorit kami yang menu andalannya adalah gado-gado. Tentu saja, gado-gado menjadi menu wajib kami di restoran tersebut karena selain rasanya yang enak, menyehatkan dan harganya pun tidak terlalu mahal. Setelah selesai makan, kami beranjak untuk meninggalkan tempat tersebut. Ketika kami sudah masuk ke dalam mobil dan menunggu beberapa saat, saya baru menyadari bahwa ayah saya belum tiba di mobil. Lalu saya menoleh dari kaca mobil, ternyata si ayah sedang memesankan makanan untuk dua anak kecil pemungut sampah yang sedang lewat di depan restoran. Setelah membayarkan makanan mereka, ayah saya memanggil mereka untuk duduk dan makan di dalam restoran.

M Maria Shandi
Maria Shandi on 06/04/2019

Jodoh (bagian 2)

Salah satu pasangan favorit yang menjadi teladan dalam hidup saya adalah daddy dan mama. Walaupun mereka bukanlah pasangan yang sempurna, tapi mereka selalu berusaha untuk mempertahankan komitmen cintanya seberat apapun badai yang mereka hadapi. Selalu menjadi pemandangan yang indah ketika setiap pagi, daddy memberikan pelukan hangat untuk mama. Ketika setiap minggu, daddy dan mama mempunyai waktu pacaran khusus hanya berdua saja. Ketika di kamar mereka selalu ada bunga hidup yang daddy sediakan khusus untuk mama. Di mata saya, hal-hal sederhana yang mereka lakukan telah meninggalkan jejak langkah yang baik untuk saya ikuti.

M Maria Shandi
Maria Shandi on 06/04/2019

Jodoh (bagian 1)

Beberapa tahun lalu, keluarga kami memutuskan untuk pindah rumah ke daerah yang dekat dengan tempat usaha kami supaya tidak terlalu menghabiskan waktu di jalan setiap hari. Sebelum menjatuhkan pilihan untuk rumah yang akan kami tinggali, ada cukup banyak rumah dijual yang kami kunjungi. Saya dan keluarga berburu rumah idaman selama hampir setahun lamanya. Setelah melewati beberapa pertimbangan seperti keamanan, kenyamanan, kualitas rumah dan sebagainya, akhirnya pilihan jatuh ke rumah yang kami tempati saat ini. Kami merasa nyaman dan puas dengan pilihan kami.

M Maria Shandi
Maria Shandi on 06/04/2019

Tidak Ada Alasan untuk (Tidak) Mengampuni

Sewaktu saya sekolah, ada seorang teman wanita sekelas yang kepribadiannya cukup unik. Dia selalu mencari perhatian melalui sikapnya yang berlebihan. Hampir semua teman di sekolah menjauhinya, termasuk saya pada waktu itu. Suatu kali, ada tugas kelompok di kelas dan saya dipasangkan dengan dia. Dengan terpaksa, saya harus sering bertemu dengannya selama beberapa minggu. Awalnya, saya merasa tidak nyaman karena sikapnya yang tidak menyenangkan. Setelah beberapa kali pertemuan, dia mulai terbuka tentang kehidupan pribadinya. Ternyata selama ini dia mengalami kehidupan yang berat di mana ayah kandungnya menganiaya dia selama bertahun-tahun dan mengancam akan membunuhnya jika melaporkan perbuatannya. Di samping itu, dia juga harus bekerja setelah pulang sekolah sampai malam untuk mencukupi kebutuhan keluarganya. Sedih, prihatin dan menyesal, itu yang saya rasakan saat mendengar curahan hatinya. Saya baru menyadari penyebab dari sikapnya yang terkesan tidak menyenangkan selama ini. Suasana…

M Maria Shandi
Maria Shandi on 06/04/2019

Penantian

Beberapa waktu lalu, saya menghadiri acara pernikahan salah satu teman baik saya. Pestanya sangat indah dan berlangsung dengan baik. Tak heran, karena persiapannya dilakukan lebih dari satu tahun sebelumnya. Teman saya rela mengeluarkan tenaga, waktu dan dana yang sangat besar untuk acara yang berlangsung sekitar dua jam. Dan ternyata fenomena ini sudah menjadi suatu hal yang biasa, di mana banyak orang rela mempersiapkan segala sesuatunya sebaik mungkin untuk acara pernikahan yang berdurasi hanya beberapa jam saja.

M Maria Shandi