Buah yang Tidak Baik dikonsumsi Penderita Diabetes

Written on 07/30/2023
Maria Shandi


Dear MS Friend,

Menderita diabetes atau berpotensi diabetes karena keturunan? Sebaiknya hindari buah-buahan tinggi gula ini.

1. Pisang matang
Terutama yang manis, biasanya mengandung dua kali porsi karbohidrat dibanding buah-buahan lainnya. Jika pun perlu makan, sebaiknya hanya setengah dari porsi normalnya.

2. Nanas
Nanas mengandung indeks glikemik tinggi. Semakin tebal dan lebar nanas, semakin tinggi karbohidratnya. Jika ingin makan, sebaiknya nanas muda, itu pun hanya sedikit atau digabungkan makanan lain yang kaya protein.

3. Mangga

Satu buah mangga utuh yang sudah matang dan manis biasanya mengandung 30 gram karbohidrat dan 26 gram gula. Mangga matang dengan tekstur lunak, indeks glikemik di dalamnya bisa lebih tinggi dan otomatis meningkatkan laju gula darah.

4. Kurma kering
Kurma memang baik bagi kesehatan, tapi untuk penderita diabetes perlu berhati-hati. Kurma mengandung kadar gula buah (fruktosa) alami dan karbohidrat yang cenderung tinggi.

5. Buah kering
Buah yang awalnya memiliki kandungan gula yang rendah jika dimakan langsung, akan langsung naik kadar gulanya ketika dikeringkan.

6. Anggur
Anggur pun memiliki kadar karbohidrat yang tinggi. Penderita diabetes masih bisa mengkonsumsinya untuk mendapatkan manfaat antioksidan polifenolnya. Tapi harus dibatasi.

7. Buah kalengan
Buah kalengan dan dan diawetkan biasanya mengandung gula buatan tambahan dan memiliki kadar gula jahat untuk penderita diabetes. Mengkonsumsinya bisa meningkatkan risiko obesitas, diabetes tipe 2 hingga penyakit jantung.

MS

Sumber: CNN Indonesia
Foto: Canva. com