Manfaat Vitamin C

Written on 04/08/2023
Maria Shandi


Dear MS Friend,

Salah satu cara memenuhi asupan & nutrisi yang baik adalah dengan konsumsi vitamin, seperti Vitamin C.

Selain baik untuk sistem kekebalan tubuh, vitamin C punya manfaat lain yang baik bagi kesehatan.

1. Berperan dalam peningkatan fungsi otak

Dalam tinjauan sistematis yang diterbitkan di Nutrients pada September 2017, ditemukan bahwa konsentrasi vitamin C lebih tinggi ditemukan di peserta studi yang kognitif nya lebih utuh dibandingkan dengan yang punya gangguan kognisi.

2. Pengaruh ke tingkat stres

Kekurangan vitamin C dikaitkan dengan banyak penyakit terkait stres. Ini adalah nutrien yang pertama kali hilang pada pecandu alkohol, perokok dan individu obesitas.

3. Bantu atasi pilek

Vitamin C bukan obat flu biasa, tapi bantu untuk cegah komplikasi lanjutan flu & batuk seperti, pneumonia & infeksi paru-paru.

4. Perkuat sistem kekebalan tubuh

 Di jurnal Nutrients bulan November 2017, diulas bahwa vitamin C dukung sistem kekebalan dengan lindungi tubuh dari stres oksidatif, bantu bunuh mikroba & kurangi potensi kerusakan jaringan.

5. Cegah penuaan kulit

Asupan vitamin C yang lebih tinggi bantu kurangi keriput, kulit kering dan kerutan. 6. Antioksidannya bantu cegah penyakit kronis Antioksidan bisa menetralkan radikal bebas yang bikin kerusakan sel & jaringan.

7. Antioksidannya bisa lindungi mata

Penelitian menunjukkan vitamin C bisa menurunkan resiko pengembangan katarak dan perlambat degenerasi makula terkait usia (AMD). Namun, untuk konsumsi suplemen apapun dalam jangka panjang sebaiknya didiskusikan dengan dokter mata terlebih dahulu.

Berikut info seputar vitamin C, semoga bermanfaat.

MS

 

Sumber: Kompas. com

Foto: Canva. com