Generasi Stroberi: Kreatif tapi Rapuh?

Written on 03/19/2023
Maria Shandi


Dear MS Friend,

Pernahkah dengar generasi stroberi (strawberry generation)? Ini adalah sebutan untuk generasi baru yang rapuh dan lunak seperti buah stroberi.

Dalam bukunya yang berjudul “Strawberry Generation: Anak-anak Kita Berhak Keluar dari Perangkap yang Bisa Membuat Mereka Rapuh”, Profesor Rhenald Khasali, mengatakan bahwa generasi stroberi adalah mereka yang kreatif, tapi mudah menyerah dan gampang sakit hati.

Biasanya ini muncul karena pola asuh orang tua yang terlalu memanjakan anak dan terlalu sering memberi fasilitas menunjang dan bahkan berlebihan.

Anak jarang diberi hukuman jika salah dan dibebaskan tanpa aturan. Belum lagi “pujian” yang diberikan secara berlebihan membuat anak seperti tanpa cela. Padahal belum tentu kesempurnaan itu didapat ketika anak berada di luar lingkungan rumah atau ketika dewasa.

Inilah yang membuat anak jadi mudah kecewa, galau, sakit hati, emosi dan tersinggung. Bahkan ada kemungkinan ia sulit beradaptasi dengan lingkungan sosial atau bertahan dalam kondisi sulit.

Sehingga ada baiknya, orang tua mendidik anak dengan pola asuh seimbang. Pujian dan disiplin perlu diberikan dengan seimbang supaya mental anak tetap sehat, tapi tidak rapuh.

MS

Sumber: CNN Indonesia
Foto: Canva. com