Jenis Makanan yang Baik untuk Jaga Daya Ingat

Written on 03/12/2023
Maria Shandi


Dear MS Friend,

Seiring bertambahnya usia pasti ngalami penurunan daya ingat, penalaran, perencanaan dan keterampilan pemecahan masalah.

Meskipun ini hal umum dalam faktor penuaan, tapi ada juga orang yang ngalami penurunan kognitif yang lebih serius. Dan ternyata pola makan bisa bantu memperlambat dampak penuaan pada otak.

Berikut beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk mendukung kesehatan otak, yang disarankan oleh ahli saraf di The Ohio State University Wexner Medical Center, Dr. Kiran F Rajneesh.

1. Ikan
Ikan berlemak dan mengandung omega-3 seperti salmon dapat bermanfaat untuk kesehatan otak. Dan selain itu ikan lokal seperti ikan gabus juga bisa menjadi pilihan karena kandungan manfaatnya juga gak kalah sama salmon.

2. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan baik untuk membantu memperbaiki kerusakan pada otak dengan mengisi kembali asam lemak dan juga vitamin E.

3. Buah Beri
Makan buah dan sayuran segar setiap hari baik karena makanan ini mengandung vitamin C dan antioksidan yang bantu memperbaiki jaringan otak dan membran sel.

Lebih khususnya, buah beri yang mengandung mikronutrien, elemen mikro dan antioksidan tingkat tinggi yang bermanfaat untuk memulihkan fungsi otak.

4. Kunyit
Bahan aktif dalam kunyit/ kurkumin, dikenal sebagai anti-penuaan dan anti-kanker yang dapat bantu jaga daya ingat.

Kalo ada keluarga yang ngalami perubahan kognitif yang signifikan, segera konsultasi dengan dokter ahli saraf. Dokter akan sarankan pilihan asupan yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan kita yang unik.

Selain itu, memasukkan lebih banyak makanan sehat dalam menu harian kita adalah langkah awal baik untuk otak lebih sehat.

MS

Sumber: Kompas. com
Foto: Canva. com