Manfaat Jahe

Written on 03/05/2023
Maria Shandi


Dear MS Friend,

Selain terkenal untuk menghangatkan badan jahe juga punya manfaat lain.

1. Meredakan nyeri
Jahe segar punya senyawa gingerol yang sifatnya antioksidan dan mengurangi enzim inflamasi. Maka baik untuk kondisi peradangan dan meredakan nyeri, misal kram menstruasi dan masalah terkait artritis (nyeri sendi).

Menariknya, jahe disebut sebagai pereda nyeri jangka panjang, bukan pereda nyeri instan.

2. Memperbaiki kontrol gula darah
Gingerol bantu jaga gula darah tetap stabil, sehingga baik untuk penderita diabetes tipe 2. Jahe mengurangi enzim yang memecah karbohidrat sehingga bantu metabolisme glukosa. Dan studi menemukan, jahe juga mendorong otot menyerap gulokasa, tanpa perlu konsumsi tambahan insulin.

3. Meredakan rasa mual
Konsumsi jahe bisa bantu atasi mual, seperti mual pagi hari, mabuk perjalanan, dan efek samping prosedur kemoterapi. Jahe bantu tenangkan saraf yang memicu refleks mual/ muntah.

4. Menghambat pertumbuhan bakteri
Beberapa penelitian menemukan senyawa tertentu dalam jahe kemungkinan bersifat antibakteri.

Namun, jika mau konsumsi suplemen jahe, mesti sesuai anjuran dokter dan hindari asupan dalam jumlah tinggi. Karena bisa bikin mual dan asam lambung naik.

Selain itu, lebih baik konsumsi jahe segar, dibanding yang sudah dijadikan acar, teh, atau ginger ale (bir jahe), untuk mendapat manfaat terbaik. Bisa diseduh atau ditambahkan dalam masakan.

MS

Sumber: Kompas. com
Foto: Canva. com