Komponen Kasih

Written on 03/02/2023
Maria Shandi


Dear MS Friend,

Hari ini dan beberapa waktu ke depan kita akan membahas soal komponen kasih, “menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu dan sabar menanggung segala sesuatu”.

“Menutupi segala sesuatu” terdengar ganjil saat pertama didengar. Sebab kesannya, seperti berusaha menyembunyikan hal-hal dan menjadi tidak jujur.

Padahal, sebenarnya ini mau ngasih tau soal fakta, bahwa saking besarnya kasih bahkan bisa menutupi hal-hal buruk sekalipun.

Contohnya adalah kasih Tuhan kepada manusia. Meskipun kita begitu buruk dan tidak terselamatkan, Ia masih mau beri kita kesempatan untuk berubah.

Bukan berarti Ia toleransi sifat buruk dan tidak taatnya manusia. Tentu tidak, namun, Ia masih bermurah hati kepada manusia yang mau berbenah karena kasihNya yang begitu besar.

Begitu juga dengan sesama, jangan biarkan ketidaksempurnaan manusia lain membuat kita menjadi antipati atau bahkan benci kepada sesama. Tapi pandanglah orang lain seperti Tuhan memandang kita. Sesama manusia yang perlu belas kasihNya.

MS