Cara Alami Mengatasi Bau Tidak Sedap dari Kulkas

Written on 01/22/2023
Maria Shandi


Dear MS Friend,

Kulkas berguna karena kita bisa nyimpan makanan lebih lama. Tapi, kalo sudah kelamaan, biasanya malah bikin kulkas jadi berbau gak sedap.

Biasanya disebabkan karena jamur dan bakteri yang tumbuh subur di tempat kelembapan tinggi, termasuk kulkas.

Berikut 6 cara alami hilangkan bau tak sedap dari kulkas.

1. Bersihkan dengan cuka
Asam asetat dalam cuka diyakini bisa memecah noda makanan, menyerap bau dan membunuh bakteri. Cuka juga cukup aman saat kena beberapa bahan makanan. Untuk memakainya, campur cuka dengan air lalu semprotkan ke lemari es, lalu bersihkan. Kalo takut bau cuka bertahan, tambahkan sedikit minyak esensial ke campuran air dan cuka.

2. Pakai lemon
Asam sitrat dalam lemon bisa membantu memecah residu. Aroma yang segar juga menghilangkan bau kulkas. Tambahkan perasan lemon ke kain bersih, lalu lap kulkas.

3. Bubuk kopi
Simpan bubuk kopi di piring, lalu taruh di kulkas selama 24 jam. Kopi dikenal mampu menyerap bau secara efektif. Bubuk kopi bekas bisa dicampur tanah, lalu dipakai sebagai pupuk.

4. Kapas & vanila
Rendam sepotong kapas dalam cairan vanila, lalu taruh rendaman dalam kulkas selama 12 jam, supaya aroma wangi dan bersih merebak di kulkas.

5. Kentang
Kupas kentang dan masukkan ke kulkas untuk menyerap bau busuk. Ganti kentang di kulkas minimal 2-3 hari sampai bau kulkas benar-benar hilang.

6. Cengkeh
Potong jeruk atau lemon jadi dua bagian, masukkan cengkeh secukupnya. Lalu, masukkan jeruk ke kulkas sampai mulai mengering.

Demikian tips nya, semoga bermanfaat.

MS

Sumber: CNN Indonesia
Foto: Canva. com