Penyebab sulit BAB di pagi hari

Written on 12/25/2022
Maria Shandi


Dear MS Friend,

Sering sulit Buang Air Besar (BAB) di pagi hari? Umumnya ini karena gangguan pencernaan.

Melansir dari lama WebMd, berikut penyebab umum orang sulit BAB.

1. Dehidrasi
Selain kulit kering dan kehilangan konsentrasi, sistem pencernaan juga ikut terganggu. Direkomendasikan para pria minum 3,7 liter air per hari dan wanita 2,7 liter per hari. Jumlah ini bisa berbeda sesuai berat badan.

2. Kurang serat
Sembelit bisa bikin sulit BAB. Biasanya karena kurang asupan serat, sehingga tinja jadi keras dan sulit dikeluarkan. Kebutuhan serat ideal pria dewasa yaitu 34 gram dan wanita dewasa 28 gram. Serat bisa didapat dari konsumsi buah dan sayur.

3. Kurang aktif gerak
Kurang gerak bikin pergerakan usus di dalam jadi melambat dan jadi salah satu pemicu BAB. Gerakan-gerakan saat olahraga membantu meningkatkan mikrobioma usus yang mendorong feses untuk cepat gerak ke tempat pembuangan akhir.

4. Stres berlebih
Gangguan cemas dan stres berlebih bisa jadi pemicu sembelit juga. Ketika otak ngirim sinyal stres, sistem pencernaan jadi ikutan sensitif dan merespon dengan sembelit/ susah BAB.

5. Efek obat-obatan
Efek obat-obatan atau suplemen zat besi serta tinggi kalsium bisa bikin sembelit hingga BAB pada sebagian orang. Jika sedang konsumsi suplemen kalsium dan zat besi, pastikan makan cukup serat, minum banyak air, dan tetap aktif berolahraga.

6. Diet ekstrem
Perubahan pola makan drastis saat diet bisa memengaruhi siklus BAB. Jika sebelum diet gak terbiasa makan serat, lalu kemudian menu dietnya banyak serat, tubuh perlu adaptasi. Ini berisiko bikin sulit BAB.

7. Sindrom iritasi usus besar
Penyakit ini selain bikin gak lancar BAB, tapi juga bisa bikin konstipasi parah sampai jadwal BAB jadi tiga hari sekali atau bahkan seminggu sekali.

Demikian penyebab sulit BAB untuk diketahui dan diwaspadai. Sehat-sehat, ya.

MS

Sumber: CNN Indonesia
Foto: Canva. com