3 Cara Kurangi Overthinking

Written on 12/11/2022
Maria Shandi


Dear MS Friend,

Overthinking bisa terjadi saat memikir ulang hal yang sudah lalu, merasa khawatir atau terobsesi dengan apa yang mungkin terjadi di masa depan.

Dan efeknya bisa menurunkan kualitas hidup seperti, menurunkan energi, membatasi kreativitas dan menyebabkan masalah tidur.

Berikut 3 cara untuk mengurangi Overthinking dari Psikoterapis dan Pendiri Forward in Heels, New York, Jenny Maenpaa.

1. Mengubah perspektif jadi lebih positif
Melihat hal buruk dengan pandangan positif kadang dianggap sebagai “toxic positivity”. Sebab orang cenderung untuk selalu beranggapan positif tanpa peduli seberapa buruk situasi yang dihadapi.

Tapi, jika pada porsinya, melihat sisi positif dari situasi yang tidak menyenangkan bisa membantu kita untuk lebih optimis dan kuat dalam menjalaninya. Dan bahkan menemukan solusi.

Tapi, ingat jangan membohongi diri dan harus jujur jika memang sedang sakit atau capek.

2. Tuliskan yang dipikirkan, lalu alihkan perhatian
Saat otak mendeteksi bahwa kita dalam konflik atau bahaya, sistem bawaan internal akan melakukan segala cara untuk melindungi kita.

Misal, saat diserempet, orang refleks menghindar atau berteriak. Atau saat menerima chat yang tidak enak, refleks ingin membalas dengan keras juga.

Saat seperti ini, coba tuangkan perasaan itu lewat tulisan lalu simpan di draft. Jangan di posting atau dikirim balik. Menuliskan pikiran negatif akan menghilangkan kekuatannya. Dan kalo gak dikirim balik atau di post di publik, gak akan bikin masalah yang bisa disesali nanti.

3. Mempraktikkan rasa syukur secara spesifik
Bersyukur itu baik. Tapi hati-hati kalo cuma jadi hafalan yang gak berefek. Mulai dengan bersyukur secara spesifik.

Misal, gak cuma bersyukur karena sehat, tapi karena bisa bangun pagi tanpa sakit punggung.

Semakin spesifik kita bersyukur, semakin terbuka mata kita akan hal-hal kecil yang terlewat. Besok mungkin masih bersyukur soal sehat, tapi kali ini karena perutnya gak sembelit lagi, misalnya.

Demikian tips untuk stop overthinking, semoga bermanfaat.

MS

Sumber: Kompas. com
Foto: Canva. com