Self Healing buat Lansia

Written on 11/13/2022
Maria Shandi


Dear MS Friend,

Semenjak pandemi dan maraknya penyakit-penyakit baru yang bermunculan, berdampak gak hanya ke kegiatan ekonomi, tapi juga gaya hidup seseorang.

Misalnya saja, mulai berkurangnya kegiatan tatap muka karena sudah bisa digantikan dengan komunikasi jarak jauh melalui Zoom, Google Meet dan aplikasi sejenis lainnya.

Bagi mereka yang tak terbiasa dengan kebiasaan baru ini, pasti akan merasa stres dan bisa mengalami gangguan kesehatan mental.

Salah satunya adalah kaum lansia. Dikarenakan usia, biasanya mereka sudah tidak bekerja dan tidak produktif. Karena sering sendiri, apalagi jika jarang ketemu anak dan cucu, kaum lansia bisa kesepian, bosan serta merasa tidak berharga.

Berikut dua tips self healing (pemulihan diri) yang bisa dilakukan lansia.

1. Arahkan pada hobi
Ajak lansia untuk melakukan hobi atau eksplorasi hal baru. Semakin tua usia, psikis seseorang seperti psikis anak-anak lagi. Anak-anak suka mengeksplorasi hal baru sampai menemukan yang dia sukai. Sementara, lansia sudah melakukan hal yang sama bertahun-tahun. Dengan mencari hal baru atau melakukan hobi, bisa membantu mengisi hari-harinya biar tidak bosan.

2. Support group
Lansia perlu dukungan dari keluarga inti dan juga teman dari sesama lansia. Bantu mereka untuk tetap bisa terkoneksi dengan teman-teman sebaya via teknologi. Misalnya dengan telponan, reuni melalui Zoom dan sejenisnya. Intinya supaya ada teman ngobrol dan hiburan.

Demikian info, semoga bermanfaat, ya

MS

Sumber: CNN Indonesia
Foto: Canva. com