Yang Umur 30-an Beresiko Kena Alzheimer?!

Written on 10/30/2022
Maria Shandi


Dear MS Friend,

Alzheimer adalah penyakit otak yang menyebabkan penurunan daya ingat, menurunnya kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku. Ini bisa makin memburuk seiring berjalannya waktu dan membuat penderitanya gak bisa melakukan kegiatan sehari-hari.

Alzheimer umumnya menyerang kelompok lanjut usia. Namun, Dokter spesialis saraf konsultan neurobehavior dan neurogeriatri di RS EMC Pulomas, Silvia F Lumempouw mengatakan, meskipun langka, tapi yang berusia di bawah 65 tahun juga bisa mengalami ini.

Biasanya karena faktor genetik. Kalo ada keluarga yang punya riwayat Alzheimer, sebaiknya melakukan pemeriksaan dini. Ada kasus dimana Alzheimer sudah terjadi sejak usia 30-an tapi baru terdeteksi saat usia lanjut.

Menurut Silvia, sampai saat ini belum ada pengobatan Alzheimer di Indonesia, maka satu-satunya yang bisa dilakukan adalah mencegah keparahan penyakit.

Berikut hal-hal yang bisa dilakukan: menjaga berat badan, jaga kadar kolesterol tetap normal, tidak merokok, rutin olahraga dan bergerak, serta tidak minum alkohol.

Gaya hidup sehat bisa mengurangi risiko keparahan Alzheimer, sebab zat toksik di otak akan dibuang lewat pembuluh darah. Kalau dinding pembuluh darah rusak, transport ke pembuluh darah jadi terganggu, dan zat toksik akan menumpuk di otak dan merusak sel otak.

MS

Sumber: CNN Indonesia
Foto: Canva. com