5 Penyebab Pusing pas Bangun Tidur

Written on 10/22/2022
Maria Shandi


Dear MS Friend,

Sering pusing di pagi hari atau pas baru bangun tidur di pagi hari? Mungkin salah satu dari beberapa hal ini adalah penyebabnya.

1. Dehidrasi
Kekurangan cairan adalah salah satu penyebab bangun dengan kepala berputar atau pusing. Ketika kurang cairan volume darah dan tekanan darah menurun. Sehingga otak tidak mendapat cukup darah dan merasa pusing. Sehingga minumlah banyak air agar tetap terhidrasi.

2. Tekanan gula darah rendah
Disebut juga hipoglikemia, bisa bikin pusing di pagi hari. Ketika kurang glukosa (yang adalah sumber bahan bakar utama tubuh), sistem akan melambat untuk melindungi diri mereka, termasuk otak. Makanya saat bangun jadi terasa pusing dan sedikit linglung.

Gejala lainnya, lelah, kulit pucat, cemas, berkeringat, lapar, mudah marah, kesemutan/mati rasa di sekitar wajah, dan detak jantung cepat/ tidak teratur.

Untuk mengatasinya bisa dengan makan atau minum sesuatu yang manis seperti jus jeruk. Tapi, gula darah rendah juga terkait dengan kondisi medis, seperti diabetes. Hubungi dokter jika ini sering terjadi dan diduga adalah hipoglikemia.

3. Efek samping konsumsi obat tertentu
Misalnya obat hipertensi dapat menurunkan tekanan darah terlalu rendah, sehingga pusing. Diuretik bisa bikin dehidrasi dan pusing. Jika obat yang dikonsumsi bikin pusing bicarakan dengan dokter, mungkin dosisnya perlu disesuaikan.

4. Vertigo
Jika bangun dengan sensasi ruangan berputar, mungkin itu vertigo, disebabkan oleh masalah telinga bagian dalam. Kunjungi dokter untuk tindakan lebih lanjut.

5. Bangun tidur terlalu cepat
Ketika kaget atau terburu-buru, sering bangun dengan cepat atau segera duduk. Ini bikin kepala pusing dan terasa agak kabur. Sebab terjadi penurunan tekanan darah secara tiba-tiba saat seseorang berdiri atau dari posisi terlentang ke duduk. Masalah ini sering terjadi dengan bertambahnya usia. Luangkan waktu untuk bangun dari tempat tidur dengan bertahap supaya tubuh bisa menyesuaikan diri.

Demikian informasi, semoga bermanfaat. Jika pusing berulang dan dinilai berbahaya segera hubungi dokter.

MS

Sumber: CNN Indonesia
Foto: Canva. com