Tips Menyulap Kamar Sempit Jadi Nyaman

Written on 10/16/2022
Maria Shandi


Dear MS Friend,

Kamar tidur nyaman gak mesti luas. Dengan penataan dekor atau pemilihan furnitur yang tepat kamar yang tidak luas pun bisa disulap jadi nyaman.

Berikut tips supaya kamar tidur sempit jadi lebih lega.

1. Pilih warna netral
Untuk dekor kamar supaya nyaman, pemilihan warna itu penting banget. Entah itu buat warna furnitur, korden, dan juga cat tembok. Warna netral sebagai warna utama, seperti putih, krem, beige, abu-abu dan abu-abu muda, cocok dipilih agar kamar tidak sumpek. Warna kalem seperti biru muda atau hijau muda, juga bisa jadi pilihan supaya suasana kamar lebih tenang dan tenteram untuk istirahat.

2. Pakai furnitur multifungsi
Misalnya, tempat tidur yang ada penyimpanan di bawahnya atau tempat tidur yang menyatu dengan lemari. Jadi, barang-barang bisa tersimpan rapi dan hemat tempat. Furnitur built-in yang multifungsi seperti ini biasanya menempel di dinding dan disesuaikan dengan bentuk ruang. Jadinya efisien dan cocok untuk ruangan minimalis.

3. Gantung korden tinggi-tinggi
Makin dekat dengan langit-langit, makin bagus. Korden dengan material yang gak terlalu tebal dengan motif embos adalah pilihan terbaik. Karena kalo dengan motif/ corak ramai, ruangan jadi terlihat penuh.

4. Pakai beberapa opsi pencahayaan
Pencahayaan disesuaikan dengan fungsinya. Misal, cahaya yang lembut dan menenangkan berguna saat mau istirahat. Lalu, kalo perlu cahaya lebih terang bisa dari lampu kecil gantung atau yang nempel di dinding.

5. Pemilihan aksesori
Meski kamar sempit bukan berarti gak bisa pakai aksesoris. Misalnya seperti jam digital yang ada bingkainya, jam dinding model unik, hiasan gantung rajut, lukisan ambalan, atau hiasan lampu LED.

6. Pilih karpet pola minimalis
Kalo pake kasur lantai, pilih karpet yang berfungsi sebagai alas kasur dengan model simpel dan minimalis. Atau, bisa juga pilih karpet yang senada dengan warna sprei atau bedcover. Kalo gak ketemu yang senada, bisa dengan warna netral seperti hitam, abu-abu, putih atau cokelat.

7. Pasang cermin
Cermin bisa bikin ilusi kamar lebih luas. Selain itu, cermin juga memantulkan cahaya alami yang masuk dari jendela sehingga menciptakan kesan terang dan luas. Tapi jangan kekecilan atau kebesaran. Pilihlah yang pas dengan ukuran ruangan supaya kesan luas bisa didapatkan.

Demikian tips mengakali kamar sempit supaya nyaman. Semoga bermanfaat.

MS

Sumber: CNN Indonesia
Foto: Canva. com