Introspeksi

Written on 10/07/2022
Maria Shandi


Dear MS Friend,

Dalam suratnya kepada jemaat di Yakobus, Paulus mengingatkan supaya jangan banyak orang yang pengen jadi guru, sebab guru akan dihakimi dengan ukuran yang lebih berat.

Yang dimaksud di sini, bukan berarti jangan ada guru/ pengajar di sekolah dan sebagainya. Bukan gitu. Tapi, maksudnya gini. Mesti dipahami bahwa seorang guru atau yang dianggap sebagai guru/pengajar/ahli adalah sosok yang mesti bisa digugu dan ditiru

Digugu artinya perkataannya bisa dipercaya dan dipertanggungjawabkan. Dan ditiru, artinya pribadinya, perilakunya, semangatnya, prinsipnya, mesti bisa ditiru atau dijadikan contoh.

Sehingga, menjadi seorang pengajar/ panutan, tanggung jawabnya jelas lebih berat dari yang mengikutinya. Tapi, bukan berarti Paulus melarang kita untuk jadi contoh bagi lingkungan kita.

Sebaliknya, yuk pahami bahwa kita bisa bersalah dalam banyak hal. Perbanyak introspeksi dan berbenah diri. Menahan lidah jika tidak ada yang baik untuk diucapkan dan menegur hanya jika memang diperlukan dan itu ada dalam kapasitas kita.

MS