Cara Membuat Ruangan Minim Jendela Lebih Terang

Written on 06/05/2022
Maria Shandi


Dear MS Friend,

Rumah tak banyak jendela tapi ingin agar ruangan terlihat terang? Berikut tips nya.

1. Tambah lampu

Selain cahaya lampu overhead (lampu di atas kepala) bisa juga menambahkan lampu meja atau lampu berdiri dekat kursi atau sofa. Saat malam, jika lampu overhead dimatikan, lampu tambahan sudah cukup untuk menambah kesan syahdu.

2. Letakkan cermin

Cermin agak besar yang dipasang berseberangan dengan jendela akan memantulkan cahaya dari luar dan menambah terang ruangan. Jika tak ada jendela sama sekali, bisa taruh lampu meja / lampu berdiri di samping cermin untuk mendapat efek serupa.

3. Cat tembok putih

Bukan hanya tembok, langit-langit berwarna putih juga menambah kesan lega dan terang. Supaya ruangan tidak motonon, bisa tambahkan dekorasi berwarna yang disebar ke seluruh ruangan. Supaya gak mencolok di satu titik saja.

4. Taruh tanaman hias

Selain bagus untuk sirkulasi udara, tanaman dengan warna yang kontras dari warna tembok membuat ruangan lebih segar. Pilih tanaman yang tidak perlu banyak sinar matahari seperti sanseviera, peace lily, lidah buaya dan sejenisnya.

5. Atur perabot

Meja yang terlalu besar atau lemari coklat tua bikin ruangan gelap. Ganti dengan furnitur yang lebih ramping, ringan dan minimalis. Untuk ruang tengah, sofa berkaki bagus untuk meloloskan cahaya.

6. Lantai bercorak kayu/ karpet warna terang

Untuk dapat corak kayu, sekarang ada lapisan tambahan di lantai marmer atau keramik. Jika tidak, bisa juga disiasati dengan karpet berwarna putih gading, krem atau warna hangat lainnya.

7. Pajang karya seni

Kalo gak telaten ngurus tanaman, dengan menggantung lukisan atau hiasan dinding, bisa jadi solusi untuk mencerahkan ruangan. Semoga bermanfaat.

MS

 

Sumber: CNN

Foto: Canva . com