Cara cuci muka yang benar

Written on 01/08/2022
Maria Shandi


Dear MS Friend,

Mencuci muka adalah kegiatan rutin. Tapi, kalo tidak dilakukan dengan benar bisa berakibat tidak baik. Berikut cara mencuci muka yang efektif.

1. Cuci tangan dengan bersih

Kita tidak tahu sebersih apa tangan kita. Maka pastikan mencuci tangan sebelum mencuci wajah. Supaya kotoran/ bakteri yang ada di tangan tidak pindah ke wajah.

2. Melembabkan wajah

 Bilas wajah dengan air hangat sebelum cuci muka, untuk membuka pori-pori pada kulit wajah. Supaya kotoran pada wajah mudah terangkat.

3. Sesuaikan sabun cuci muka dengan tipe wajah

Sabun cuci muka berfungsi untuk mengangkat kotoran, sel kulit mati dan mengontrol minyak berlebih. Dan tipe kulit wajah ada yang kering, berminyak, atau kombinasi. Kalo sabun muka gak sesuai sama tipe kulit, bisa bikin jerawatan dan masalah kulit wajah lainnya.

4. Gerakan cuci muka

Kalo selama ini mengaplikasikan sabun langsung ke wajah, maka salah. Ambil sambil sabun di tangan dan gerakkan tangan dengan cara melingkar. Aplikasikan ke seluruh wajah dengan rata, kecuali mata dan bibir. Pijat lembut untuk relaksasi kulit.

5. Bilas dengan air bersih

Pastikan semua sisa sabun terbilas bersih. Karena sisa sabun dapat menyumbat pori-pori di wajah dan bikin debu makin mudah nempel.

Demikian cara cuci muka yang benar. Semoga bermanfaat.

MS