10 Resolusi supaya makin berilmu di 2022

Written on 01/01/2022
Maria Shandi


Dear MS Friend,

Kebanyakan orang bikin resolusi seputar karir dan asmara. Tapi, bisa juga dicoba tips ini untuk nyusun rencana nambah ilmu di tahun 2022.

1. Baca satu baru buku tiap bulan

Yang dibaca di internet dengan yang didapat di buku ada perbedaan yang besar. Terus fakta dari jurnal Brain Connectivity, bilang bahwa baca novel bisa meningkatkan memori otak berhari-hari setelah membaca.

2. Tonton 1 film dokumenter baru tiap bulan

Film dokumenter bisa berupa alam, sejarah atau pengetahuan. Atau ada juga orang yang tertarik dengan kasus-kasus kejahatan di dunia. Tapi pastikan bahwa itu memang bermanfaat dan menambah ilmu.

3. Hadapi rasa takut

Punya fobia yang sulit disembuhkan? Mungkin bisa dicoba untuk terapi atau coba untuk menghadapinya. Karena saat menaklukkan rasa takut jadi bisa lebih mengendalikan hidup dan dapat pengetahuan baru.

4. Ikut kelas menari

Menari bisa jadi cara bertemu orang baru, meningkatkan memori, keseimbangan, koordinasi, dan fleksibilitas. Dari segi kesehatan baik untuk menurunkan berat badan.

5. Berkebun

Manfaatnya banyak. Hasil panen bisa dimakan atau dinikmati keindahannya, ada aktivitas bakar kalori, dan jadi tahu cara menanam, memupuk hingga mengolah hasilnya.

6. Kunjungi perpustakaan

Selain untuk baca buku, perpustakaan juga memiliki banyak acara komunitas, pertunjukan, persewaan film, dan audiobook. Kunjungi perpustakaan seminggu sekali untuk penyegaran.

7. Nonton acara menarik sambil di atas treadmill

Kalo bosan dengar lagu sambil treadmill, nonton bisa jadi solusi. Lumayan olahraga sambil update tontonan.

8. Ikut kelas memasak

Punya skill memasak itu gak ada ruginya. Selain bisa hemat dibanding jajan diluar, kita juga jadi lebih bisa jaga apa yang ada dalam makanan kita.

9. Ikut kursus online

Gak cuma yang berbayar. Yang gratis pun banyak. Bisa soal apa saja, bisnis, bahasa asing dan sebagainya.

10. Belajar main musik

Hidup kita diisi dengan lagu. Dan lagu bisa menemani kita di banyak situasi dan suasana.

MS

 

Sumber: Kompas.com

Foto: Canva.com