Hutang

Written on 02/11/2021
Maria Shandi


Dear MS Friend,

Untuk melengkapi konsep pengampunan itu, Tuhan kasih perumpamaan soal hamba yang berhutang.

Diceritakan ada raja yang mau hitung-hitungan sama hambanya yang berhutang 10.000 talenta. Jumlah ini gak masuk akal sebenarnya.

Di referensi lain, dibilang kalo 1 talenta perak setara dengan lebih dari 15 tahun upah kerja. Kalo talenta nya emas, bisa lebih mahal lagi.

Jadi, kalo hamba ngutang 10.000 talenta (misal kita pake hitungan perak), berarti setara dengan 150.000 tahun upah kerja. Padahal umur manusia mentok 70-80 tahun. Mau sampai berapa keturunan bayar utang segitu coba.

Mungkin perumpamaan ini ekstrim. Tapi, itulah gambaran dosa kita di hadapanNya. Dan pun dengan hutang segitu gedenya, raja masih berbelas kasih saat si hamba memohon padanya.

Tapi, lihat kelakuan hamba jahat itu. Kepada temannya yang ngutang 100 dinar (setara upah 100 hari kerja), dia gak sabar dan masukin si kawan ke penjara.

Upah 100 hari kerja emang gede, sih. Tapi itu masih sangat mungkin untuk dilunaskan dibandingin sama hutangnya sendiri ke raja.

Janganlah kita jadi seperti hamba jahat itu. Malulah kita sama Bapa di sorga yang masih kasih kita kesempatan berbenah diri selama di bumi ini.

Kalopun orang yang telah kita ampuni menyia-nyiakan kesempatan untuk benerin diri, biarlah itu jadi perhitungannya dengan Tuhan.

Tugas kita satu, lepas pengampunan dan jaga damai sejahtera dalam hati kita sendiri.

MS