Alasan Taat

Written on 10/14/2020
Maria Shandi


Dear MS Friend,

Pas kita masih kecil, kita seringnya ngomong ke ortu karena ingin sesuatu. Kita bersikap baik dan taat karena ada hadiah yang menunggu kita.

Dan sangat gak apa-apa kalo dulu kita gitu. Karena kita masih kecil dan masih sebatas itu aja pemahaman kita.

Tapi semakin bertambah usia, kita semakin ngerti gimana kita harus bersikap.

Orang tua bukan celengan atau mesin ATM yang kita datangi pas butuh aja. Bukan juga Jin lampu yang ada buat ngabulin keinginan kita doang.

Mereka manusia seperti kita, yang punya keinginan dan perasaan. Yang juga ingin dimengerti dan dipahami kehendakNya. Dan mungkin punya cita-cita dan harapan atas hidup kita ke depannya.

Tentu saja, rasanya kurang pas kalo ada ortu yang memaksakan kehendak atau cita-cita pribadi kepada anak, tanpa memikirkan perasaan atau pendapat si anak.

Tapi sebagai anak, kalo kita tahu berterima kasih, kita akan memperhatikan kesejahteraan ortu kita juga.

Betul, kita gak minta dilahirkan di dunia ini. Tapi, pun kalo kita sudah terlahir, kita ada kewajiban untuk berbakti kepada mereka dengan sepantasnya.

Bukan untuk kepentingan mereka atau kepuasan diri kita sendiri, tapi itulah bentuk ketaatan dan pengabdian kita kepada Tuhan.

Gitu juga kita ke Tuhan. Kalo kita datang padaNya dan berdoa, bukan semata untuk meminta berkat saja. Tapi, karena kita pengen tahu hatiNya.

Gimana menurutmu?

MS