WMS, Inovasi Kurir Sepeda Ramah Lingkungan

Written on 08/30/2020
Maria Shandi


Dear MS Friend,

Kalo ngomongin soal jasa pengiriman barang, kita taunya ya kalo gak via mobil ya motor.

Tapi, siapa sangka ternyata di Indonesia, ada jasa pengiriman paket menggunakan sepeda kayuh.

Mereka tergabung dalam Westbike Messenger Service (WMS), bisnis jasa pengiriman logistik pake sepeda.

Karena ramping dan gesit, para kurir ini bisa melewati gang, menembus jalan kecil, dan sela-sela gedung perkantoran.

Selain untuk mencari nafkah, ternyata, ini juga dijadikan sarana kampanye peduli lingkungan dan mengajak masyarakat untuk lebih sadar soal bahaya polusi yang makin merajalela.

Tapi, bisnis kurir sepeda ini gak selalu berjalan mulus.

Di tahun 2015, WMS kena imbas dari munculnya aplikasi online yang juga menyediakan jasa antar paket.

Dan sedihnya lagi, aplikasi-aplikasi online ini bersaing ketat dengan menawarkan diskon besar-besaran untuk menarik pelanggan.

Tapi, WMS gak nyerah gitu aja, mereka tetap berusaha untuk menjaga eksistensinya.

Dan itu terbayar, saat ada beberapa perusahaan yang akhirnya menawarkan kontrak kerja sama, karena jatuh hati dengan ide peduli lingkungan yang mereka junjung tinggi.

Tapi, selain dari itu semua, secara teknis, menjalani kegiatan sebagai anggota WMS memang gak mudah.

Para kurir sepeda ini mesti berjuang di tengah hiruk-pikuk ibu kota, menghadapi oknum yang menyalahgunakan jalur sepeda, intimidasi dari sesama pengguna jalan, sampai fasilitas parkir sepeda yang masih sangat jarang.

Salah satu anggota WMS, Achmad Zainul Rosyid (24) yang akrab disapa Ocit, cerita kalo dia pernah ditabrak di masa awal bekerja di WMS.

"Sepeda rusak dan badan luka-luka. Padahal duit tabungan belum banyak. Sempat drop sih setelah itu, tapi ya mau gimana, udah cinta sama sepeda," terangnya kemudian.

Tapi, meski banyak rintangan anggota WMS gak berkecil hati. Bagi mereka ini adalah salah satu aksi nyata peduli lingkungan yang bisa mereka lakukan.

Semoga apa yang mereka lakukan bisa jadi inspirasi buat kita.

Mulai dari hal-hal kecil yang bisa kita lakukan tiap hari.

Buang sampah pada tempatnya, hemat air, kurangi penggunaan plastik, dan syukur-syukur kalo bisa beraktivitas pakai sepeda atau jalan kaki buat ngurangi polusi.

Karena, kalo gak kita yang jaga kesehatan lingkungan, siapa lagi.

MS

 

Sumber: CNN Indonesia

Foto: Instagram Westbike Messenger Service