Sudut Pandang

Sudut Pandang

Written on 07/14/2020
Maria Shandi


Dear MS Friend,

Suatu kali pernah lihat post di sosial media, yang bilang kalo: Sikap orang tua juga nentuin apakah anak bisa hormat atau gak sama mereka.

Misal, kalo seumur hidup orang tua suka ngatain anaknya bodoh, gak pintar, nyusahin atau bahkan menyesali kelahiran si anak, ya jangan harap ketika besar si anak akan hormat sama orang tua.

Sekilas terasa sangat benar pendapat ini.

Dan juga, kalo jadi anak kita pastinya pengen disayang, dimengerti, tidak diperlakukan kasar dan dibesarkan dengan baik.

Tapi, banyak orang tua yang mungkin belum bisa jadi panutan dan akhirnya, sengaja atau gak sengaja, menyebabkan sakit hati pada anak.

Tapi, kalo mau jujur, mereka pun kan juga manusia ya.

Bisa jadi mereka bersikap kaya gitu karena keadaan, himpitan ekonomi, tuntutan lingkungan, atau mungkin itulah cara membesarkan anak yang mereka pelajari dari ortu mereka.

Ada banyak faktor, sih. Karena sebenarnya, gak ada orang yang terlahir langsung jahat atau bercita-cita jadi penjahat sedari kecil.

Yang dialami membentuknya jadi pribadi yang saat ini.

Nah, kita yang udah ngerti hal ini, akhirnya jadi punya pilihan. Apakah kita ikutan jadi buruk atau belajar dari pengalaman buruk terus ngelakuin yang baik?

Pilihan ada di tangan kita.

Mau kita tetap menghormati, menghargai dan memperhatikan orang tua dengan segala kekurangan dan kelebihannya atau tidak peduli kepada mereka, itu juga terserah kita.

Pilihlah yang menyenangkan hati Tuhan, ya, Kawan.

MS