Bandara Paling On-Time di Planet Ini

Bandara Paling On-Time di Planet Ini

Written on 07/04/2020
Maria Shandi


Dear MS Friend,

Pernah ngalamin situasi di mana punya jadwal yang padat dan mesti transit di beberapa tempat tapi akhirnya jadi berantakan karena keberangkatan pesawat tertunda?

Hal ini bisa bikin frustasi banget. Karena ada kemungkinan mesti atur ulang waktu berangkat di tempat transit atau bahkan harus pesan tiket pesawat baru.

Tapi, kejadian ini lebih jarang dialami oleh penumpang yang terbang melalui Bandara Haneda, Tokyo.

Bandara Internasional Tokyo ini di anugerahi "Bandara Utama Paling Tepat Waktu" selama 4 tahun berturut-turut berdasarkan laporan Ketepatan Waktu dari Analis Penerbangan OAG (2019).

Bandara Haneda adalah Bandara Tersibuk ke-5 di seluruh dunia dengan 87 juta penumpang di tahun 2018.

Tapi, ia berhasil menerbangkan 85.6% pesawatnya dengan tepat waktu, dibandingkan rata-rata 77.1% ketepatan waktu untuk bandara sebesarnya yang lain.

Ternyata, kuncinya ada di para pengangkat bagasi penumpangnya.

Bagasi dari pesawat harus sampai ke tangan penumpang dalam waktu 10 menit. Untuk mendukung hal ini, pekerja dilengkapi dengan berbagai teknologi tambahan yang membantu efesiensi pekerjaan mereka.

Salah satunya adalah alat bantu mengangkat barang berupa robotic suit (setelan robot), untuk mencegah ketegangan otot. Para pekerja ini mengangkat sekitar 17.000 bagasi setiap harinya.

Rangka luar yang bisa dipakai ini menyediakan dukungan ekstra untuk bagian bawah tubuh menggunakan motor dan sensor, yang mendeteksi ketika tubuh membutuhkan bantuan mekanik saat mengangkat barang.

Alat bantu ini fokus di bagian tubuh bawah dari pekerja, yang membuat bagasi terasa lebih ringan dan mengurangi beban pada tubuh.

"Dengan alat ini, kecepatan dan ketepatan kegiatan telah meningkat, dan pekerja pun jadi tidak terlalu lelah di penghujung hari" demikian disampaikan oleh Kotaru Shintani, Supervisor penanganan lapangan di Bandara Haneda.

Saat ini Bandara Haneda sedang mencoba setelan robot terbaru, ATOUN Model Y, untuk meningkatkan efesiensinya.

MS

 

Sumber: CNN Travel

Foto: www.japanvisitor.com