Alergi Udang!

Alergi Udang!

Written on 06/20/2020
Maria Shandi


Dear MS Friend,

Siapa di sini yang hobi makan sea food (makanan laut)?

Makanan laut seperti udang, ikan, cumi, kepiting dan sebagainya, memang salah satu jenis makanan yang populer dan paling banyak dikonsumsi.

Konsumen terbesarnya adalah kawasan Asia Timur, Asia Tenggara, dan Amerika Serikat.

Tapi, dengan meningkatnya komsumsi makanan laut juga disertai dengan meningkatnya kasus alergi. Salah satunya alergi udang.

Udang ternyata salah satu makanan laut yang paling sering bikin alergi.

Reaksi alerginya emang beda-beda tiap orang. Tapi, konon, efeknya lebih parah dibandingin alergi lainnya.

Alergi udang kadang gak langsung terdeteksi. Ada yang setelah makan langsung keliatan, tapi ada juga yang setelah lewat berapa jam baru muncul gejalanya.

Ada yang reaksinya ringan, seperti gatal-gatal. Tapi ada juga yang sampai gak bisa nafas.

Makanya, penting banget jaga makan dan tubuh kalo udah tau punya alergi udang ini.

Sampai sekarang belum ada obat yang bisa bikin orang sembuh total dari alergi ini.

Tapi bisa dilakukan pencegahan supaya gak kambuh.

1. Baca label makanan dengan cermat

Saat beli makanan di toko atau swalayan cek label, mengandung ikan, udang dan sejenisnya atau gak. Kalo gak ada, tanya ke pelayan toko. Jangan salah beli.

2. Hati-hati saat pilih makanan atau restoran

Pas makan di luar, hati-hati pas pilih menu. Cek keterangan di menu, ada kandungan ikan, udangnya atau gak. Kalo gak yakin, tanya ke pramusajinya. Tapi, kalo mau lebih aman hindari restoran spesialis seafood.

3. Tidak belanja di pasar ikan

Makan seafood memang pemicu utama alergi. Tapi bagi yang sensitif atau alerginya parah, hanya dengan menghirup baunya aja sudah bisa muncul gejala alergi. Maka, sebisanya gak usah belanja di pasar ikan kalo alerginya parah.

4. Kabari teman dan keluarga

Kalo udah positif punya alergi udang, kabarin orang terdekat, rekan kerja, dan mereka yang sering kita temui. Supaya kalo ada apa-apa, mereka bisa menangani alergi kita dengan cepat tanggap.

5. Periksakan ke dokter

Walaupun udah hati-hati, kadang masih kecolongan juga. Kalo udah gini, jangan tunda untuk segera bawa ke pekerja medis. Minta resep berdasarkan diagnosa dokter untuk mengatasi alergi itu.

Terapin tips di atas buat diri sendiri atau kerabat yang punya alergi udang.

Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Punya pengalaman atau tips lain soal alergi udang ini?

MS

 

Sumber: CNN Indonesia

Foto: Istockphoto/DevMarya