7 Cara Merawat Rambut tanpa Perlu ke Salon

Written on 06/18/2023
Maria Shandi


Dear MS Friend,

Ini 7 cara merawat rambut sehat tanpa ke salon.

1. Pakai Clarifying Shampoo
Sampo ini dirancang khusus untuk menghilangkan penumpukan bahan kimia pada rambut, seperti hairspray, mousse, gel, hingga klorin (bahan kimia dari kolam renang). Jika rambut sering terpapar produk styling atau air dirumah mengandung bahan kimia tinggi, pemakaian seminggu sekali dianjurkan. Tapi jika jarang, sebulan sekali cukup.

2. Bilas dengan air dingin
Air dingin dapat menutup kutikula rambut dan membantu mengunci kelembapan alami rambut.

3. Konsumsi makanan sehat
Asam lemak yang ditemukan dalam ikan, alpukat dan zaitun bermanfaat untuk kulit dan rambut. Pilihan makanan lain yang baik untuk rambut, seperti bluberi, kacang-kacangan, telur, bayam dan minyak ikan.

4. Aplikasikan minyak alami
Minyak kelapa/ minyak almond bisa membantu menjaga kelembapan rambut. Gunakan 2 kali seminggu. Pijat kulit kepala dengan gerakan melingkar, diamkan 30-45 menit sebelum dibilas.

5. Pakai masker rambut
Masker rambut berguna untuk melembutkan, menghidrasi dan menutrisi rambut. Gunakan seminggu sekali.

6. Pakai pelindung rambut
Topi tidur berbahan satin selama tidur bisa lindungi rambut dari gesekan yang bikin rambut kusam dengan bantal di malam hari. Saat beraktivitas di luar ruangan saat siang hari, pakai topi, scarf atau payung untuk lindungi rambut dari paparan langsung sinar UV.

7. Pakai serum rambut
Bisa gunakan serum dengan kandungan minyak argan, biotin, protein, gliserin dan lainnya untuk kesehatan dan menambah kilau rambut.

MS

Sumber: CNN Indonesia
Foto: Canva. com