Forgiven

Written on 09/19/2022
Maria Shandi


Dear MS Friend,

Ada satu kisah menarik dalam perjalanan Yesus yang tercatat di Lukas. Suatu kali saat hampir genap waktunya Tuhan naik ke surga, Ia mengutus muridNya untuk pergi duluan.

MuridNya melewati satu desa orang Samaria untuk mempersiapkan segala sesuatu bagiNya. Tapi mereka menolak Dia, karena perjalanan mereka menuju Yerusalem.

Karena ada konflik keagamaan antara orang Samaria dan Yahudi, umumnya orang Samaria gak ramah sama orang Yahudi. Mereka gak mau menyediakan penginapan bagi orang Yahudi yang dalam perjalanan untuk menunaikan kegiatan keagamaannya.

Yakobus dan Yohanes yang melihat hal itu, nanya ke Tuhan apa perlu mereka doa supaya turun api dari langit untuk membinasakan orang desa itu. Tapi, Tuhan menegur mereka dan menyuruh mereka cari tempat lain.

Sebagai pengikut Kristus, janganlah kita jadi hakim bagi mereka yang belum mengenalNya. Tidak perlu juga membalas dendam kepada yang menolak Tuhan. KasihNya tidak terbatas pada kalangan sendiri. Perlakukan sesama dengan sewajarnya dan sebagaimana Ia memandang kita berharga.

MS