Tips Merawat Tanaman di Musim Hujan

Written on 04/30/2022
Maria Shandi


Dear MS Friend,

Air hujan baik untuk tanaman. Selain menyimpan lebih banyak oksigen juga tidak mengandung zat kimia seperti klorin yang banyak ditemukan di air ledeng.

Tapi, tetap diperlukan perawatan yang benar di musim hujan, supaya tanaman tidak cepat layu.

1. Kurangi frekuensi penyiraman saat musim hujan. Tanaman outdoor akan sering kena hujan. Siram tanaman hanya jika tanah dan daun sudah mulai kering, supaya nutrisi tanah tidak hilang karena hanyut.

2. Cek drainase (lubang pembuangan air) untuk tanaman dalam pot. Supaya air tidak terperangkap dan membuat akar cepat busuk. Pastikan juga tidak ada yang batu atau tanah keras yang menyumbat.

3. Pangkas daun kuning atau yang kering dengan rutin. Tujuannya untuk merangsang pertumbuhan tunas baru.

4. Cabut rumput liar dengan teratur. Selama musim hujan rumput liar lebih cepat tumbuh dan kalo gak segera dibersihkan akan menyerap nutrisi tanaman serta jadi sarang hama.

5. Basmi hama, seperti jangkrik, ulat, bekicot dan sebagainya. Cuaca lembab juga menyebabkan jamur yang bisa jadi penyakit tanaman. Bila perlu pakai insektisida/ fungisida pada tanaman.

6. Manfaatkan cacing tanah. Selain menyimpan nutrisi dan bikin tanah subur, cacing tanah juga membuat lubang sehingga air akan merembes sampai bawah.

7. Letakkan di tempat pencahayaan yang baik. Karena cuaca lembab, bisa mengganggu respirasi hingga fotosintesis tanaman.

8. Beri penyangga, untuk mencegah tanaman miring/ patah saat hujan lebat atau angin kencang. Berikut tips merawat tanaman saat musim hujan. Semoga bermanfaat.

MS

 

Sumber: CNN Indonesia

Foto: Canva. com