Salah Paham

Written on 06/29/2021
Maria Shandi


Dear MS Friend,

Pernahkah dengar ayat yang berkata: “Tuhan akan berperang untuk kamu dan kamu akan diam saja”?

Ayat ini sering sekali dipakai untuk menyemangati orang, terutama buat yang putus asa dan hilang harapan, supaya mereka diberi semangat baru.

Tapi jadi sedih, kalo ayat ini dipakai tidak sesuai konteksnya dan pemahamannya tidak tepat. Misalnya, setelah dengar ayat itu, jadi beranggapan kalau kita gak perlu usaha apa-apa, karena Tuhan akan selalu kirim bantuan dari surga.

Padahal, kalo mau baca betul-betul di Keluaran, ayat itu adalah perkataan Musa kepada bangsa Israel yang menggerutu, saat berada di tengah padang gurun.

Mereka baru saja keluar dari Mesir. Tapi saat tahu Firaun mengejar mereka, bangsa Israel jadi marah sama Musa dan Tuhan.

Bukannya bersyukur karena sudah dibebaskan dari perbudakan, mereka malah berkata: “Ngapain ganggu hidup kami, mending kami kerja sama orang Mesir daripada mati di padang gurun kaya gini! ”

Mereka curiga sama Tuhan dan menyalahkan Musa atas keadaan mereka. Hingga Musa harus berkata seperti itu biar mereka pada diam dan gak banyak bicara.

Seringkali kita gak paham maksud Tuhan, menggerutu, mengeluh atas setiap hal. Bahkan hal yang sebenarnya baik, bisa jadi buruk di pemikiran kita sendiri.

Mari belajar untuk memahami maksud Tuhan. Ia gak pernah tinggalkan kita dan sediakan kebutuhan kita. Tapi kita juga mesti lakukan bagian kita, berusaha secara maksimal sembari berserah pada rencanaNya.

MS