Tips Bersihin Sepatu Putih

Written on 03/06/2021
Maria Shandi


Dear MS Friend,

Mungkin ada suka pake baju, sepatu, atau hal-hal yang berwarna putih. Bagus emang, kesannya terang dan bersih.

Tapi ngerawat barang berwarna putih jadi lebih sulit, karena gampang kotor. Terutama sepatu, karena langsung bersentuhan dengan lantai/ tanah.

Berikut cara ampuh nyuci sepatu putih jadi tampak seperti baru lagi.

1. Sabun

 Deterjen atau sabun cuci piring, jadi pilihan nomor satu. Karena bisa bersihin hampir semua bahan sepatu putih bahkan kulit. Campurkan air dengan sabun hingga berbusa, lalu sikat sepatu dengan sikat gigi sampai bersih.

2. Pemutih

 Bisa dipakai kalo sepatu sudah menguning atau menghitam. Paling ampuh buat sepatu bahan kain. Campurkan pemutih dan air dengan ukuran 1:5 . Sikat sepatu dengan campuran pemutih sampai bersih. Lap sisa pemutih dengan handuk basah.

3. Baking soda & cuka

 Campuran ini paling baik buat sepatu berbahan kanvas, jaring, & kain. Campur 1 sendok makan (sdm) air panas, 1 sdm baking soda & 1 sdm cuka. Aduk sampai jadi pasta kental. Gosok sepatu dengan pasta, cuci bersih lalu keringkan.

4. Pasta gigi

 Pasta gigi non-gel yang warna putih ampuh buat bersihin sepatu sneakers, bahan kain atau jaring. Caranya, lap sepatu dengan kain basah. Gosok bersih sepatu dengan sikat yang sudah dikasi pasta gigi. Diamkan 10 menit, lap dengan kain basah, lalu jemur hingga kering.

Berikut cara jagain sepatu putih tetap kinclong. Semoga bermanfaat.

MS

 

Sumber: CNN Indonesia

Foto: Canva.com