Berani

Written on 01/12/2021
Maria Shandi


Dear MS Friend,

Suatu kali baca satu quote yang bilang: Courage does not always roar (Berani tidak selalu menderu/ mengaum)

Kata “roar” atau mengaum biasa digunakan untuk binatang buas dan kuat seperti singa. Dan salah satu elemen dasar singa adalah keberanian.

Dan ini yang bikin quote di atas menarik. Karena dibilang walaupun kita tahu kita berani, bukan berarti kita harus selalu menunjukkannya dengan lantang dan meledak-ledak.

Misalnya, ketika kita diremehkan, diperlakukan tidak adil, dipandang sebelah mata, dikucilkan, diprasangka buruk, dan sebagainya, meskipun kita tahu kita mampu “mengaum” dan menunjukkan taring kita, tapi ternyata tidak selamanya itu adalah pilihan terbaik.

Ada masanya akan lebih baik jika respon yang kita berikan itu mengalah, belajar sabar, mencoba mencari jalan tengah, mengusahakan mediasi (mencari pihak ketiga sebagai penengah sampai dicapai keputusan yang disetujui kedua pihak yang bersengketa) dan sebagainya.

Bukan berarti kita membiarkan diri kita diinjak dan ditindas. Tapi, jika kita bisa mengusahakan ketenangan dan damai sejahtera bersama, maka kenapa tidak?

Ingatlah, keberanian tidak selalu mengaum. Ada masanya dimana keberanian itu merangkul dan mengutamakan kedamaian bersama sebagaimana dikehendakiNya.

MS