Tempo Sabar

Written on 12/18/2020
Maria Shandi


Dear MS Friend,

Apa yang paling dibutuhkan orang yang sedang merasa bersalah ? Rasa lega karena dimaafkan.

Kalo kita melakukan kesalahan, entah sengaja atau gak sengaja, ada rasa gak tenang dalam hati.

Makan gak enak, beraktivitas gak nyaman, dan semua yang kita lakukan rasanya gak ada yang benar.

Dan ini pasti bikin kita gak nyaman sampai kita dapat pengampunan atau pernyataan memaafkan dari mereka yang kita sakiti.

Sementara, kalo kita bersalah sama orang, ada kemungkinan dia gak mau memaafkan. Walaupun mungkin kita merasa kesalahan kita kecil aja, tapi bisa jadi itu adalah hal besar buat dia.

Dan mungkin permintaan maaf kita bikin dia makin kesel. Dan kalo udah gini, jadi makin bingung kita nya.

Makanya, bisa jadi ini yang bikin kita jadi sangat hati-hati buat bertindak, biar kita gak “mengusik” orang lain.

Tapi, kalo hal itu tentang Tuhan, kadang jadi sedikit berbeda. Karena Dia gak langsung “menghukum” saat kita nyakitin hatiNya, ada kecenderungan buat kita nyepelein.

Bener sih kita minta maaf, tapi habis itu apa? Diulang lagi dan lagi.

Betul sih, kita masih bisa jatuh, tapi mau sampai kapan? Mestinya ini yang kita pikirkan.

Ia masih sabar dan mau mengampuni. Tapi itu gak akan terjadi selamanya. Sampai kapan sabarNya? Sampai kita nutup mata di bumi ini atau ketika Dia datang kedua kali nanti.

MS