Dukung Sampai Mandiri

Written on 12/07/2020
Maria Shandi


Dear MS Friend,

Dalam pertemanan di tongkrongan atau komunitas gereja, ada gak sih teman atau orang yang gampang banget terjerumus hal-hal gak bener?

Mungkin bukannya dia pengen atau hobi bikin gak bener, tapi kok kayanya sulit banget buat dia untuk nahan diri.

Bahkan walaupun udah diingetin berkali-kali sampai kita bosen, masih aja dia jatuh juga.

Jika ada teman atau orang yang seperti ini di sekitar kita, janganlah kita abaikan atau “buang” dari pergaulan.

Kalo dia masih mau benerin diri, berniat untuk menjadi lebih baik dan bertumbuh bersama komunitas atau pertemanan kita, itu tugas kita untuk menerima.

Dalam suratnya kepada jemaat di Roma, Paulus ingatkan bahwa seharusnya mereka yang kuat (dalam iman, pengharapan, dan pengendalian diri sesuai Firman) menopang mereka yang masih lemah.

Jangan bosen buat ngingetin dan negur kalo dia menyimpang dari kebenaran Firman. Dan terlebih, jangan menghakimi kalo dia masih sering jatuh di kelemahan yang sama.

Karena, kita sama-sama manusia. Mungkin kita kuat di satu sisi, tapi kita pasti punya kelemahan di sisi lain yang kita juga berjuang mati-matian buat benerin.

Selama masih mau diingatkan dan masih datang ke komunitas, yuk kita topang sama-sama. Karena komunitas ada buat saling dukung dan topang dalam Tuhan.

MS