Hidup Itu Pilihan

Written on 07/20/2020
Maria Shandi


Dear MS Friend,

Jadi manusia emang gak mudah. Karena setiap keputusan kita pasti ada konsekuensinya.

Dan konsekuensi itu mesti kita sendiri yang nanggung.

Gak bisa kita bebankan tanggung jawab kita ke orang lain. Karena setiap pilihan kita, ya milik kita sendiri.

Banyak orang yang nyalahin keadaan, sikap orang lain, situasi dan hal-hal lain di luar dirinya atas keputusan yang dia ambil.

Dia bilang: “Ya aku jahat, karena dijahatin duluan. Kalo aku gak dijahatin pasti aku baik”

Emang paling mudah buat nyalahin keadaan sekitar.

Tapi, tau gak, pilihan untuk jadi baik atau jahat, bener atau gak, tetap bersikap yang terbaik seperti mauNya Tuhan atau nurutin kepuasan diri sendiri itu murni “pilihan sendiri”?

Kita yang milih buat marah. Kita yang milih buat sedih. Kita yang milih buat tegar. Kita yang milih buat bangkit. Kita yang milih buat berjuang, dan sebagainya.

Orang bisa kasih motivasi, tapi kalo diri sendiri “milih” untuk depresi, ya mau bilang apa?

Buat bangkit di saat lingkungan menyeret kita untuk jatuh, pasti berat pake banget. Tapi, bukan berarti gak bisa.

Selalu ada pilihan untuk milih yang benar, meski berat, lebih sulit dan mungkin sakit.

Pertanyaannya: “Kita mau milih yang mudah apa yang bener?”

MS