Untuk Siapa

Untuk Siapa

Written on 06/25/2020
Maria Shandi


Dear MS Friend,

Pernah gak kamu diminta untuk ngelakuin sesuatu yang kamu gak suka, bukan kegiatannya yang kamu gak suka, tapi alasan kenapa kamu disuruh ngelakuinnya yang bikin kamu kesal?

Misal, ortu kamu bangunin kamu pagi-pagi buat bersihin kamar karena ada keluarga yang mau datang. Padahal kamu bisa beresin nanti dan pasti bakal kamu beresin. Tapi karena keluarganya mau datang sekarang, kamu disuruh cepet-cepet beberes.

Atau kamu disuruh ngerjain tugas yang deadline nya masih jauh, tapi karena atasan kamu pengen “cari muka” ke bos besar, makanya dia buru-buruin kamu buat selesein. Padahal ada kerjaan lain yang lebih mendesak yang mesti dikerjain duluan.

Atau kamu diminta tolong nganterin temen kamu buat ketemu gebetannya yang kamu gak suka. Bukannya gak mau nganterin, tapi kamu gak “sreg” dengan gebetannya sekarang dan menurut kamu si doi gak sesuai sama standar kamu.

Nah, itu cuma beberapa dari hal-hal yang bikin kita dilema. Di satu sisi, kita gak masalah untuk ngelakuin hal itu, kalo situasinya berbeda.

Tapi, karena “alasan” dibalik kegiatan itu gak cocok sama selera kita, jadi setengah hati deh ngerjainnya.

Saat seperti ini, yuk menyendiri bentar dan dinginin kepala. Mungkin ngopi, ngeteh, atau minum air putih dulu sampai hati panasnya turun.

Setelah itu, bilang: “Tuhan, maaf kalo aku kesal karena ini. Ajar aku buat kerjain ini bukan buat orang-orang itu, tapi buat Engkau. Karena, pada akhirnya kalo aku ngerjain ini dengan tulus, yang seneng akhirnya Engkau juga. Makasih udah ngingetin dan ijinin aku ngalami ini ya”

Selamat mencoba ya tips di atas.

MS