Bukan Perlombaan

Bukan Perlombaan

Written on 04/04/2020
Maria Shandi


Dear MS Friend,

Pernah berada di situasi di mana teman-teman seangkatan uda pada punya anak dan adik-adik kelas pada sebar undangan nikah, tapi kita punya calon aja belum?

Buat masyarakat kita, apalagi yang pemikirannya masi kolot, kalo gak nikah di satu umur tertentu, dianggap aib bagi keluarga dan dikatain "gak laku" sama tetangga.

Ini sedih sebenarnya. Karena akhirnya banyak yang nikah bukan karena uda siap atau nemu calon yang tepat, tapi karena kepepet dan didesak lingkungan.

Gak mudah buat ngubah pola pikir orang sekitar.

Tapi, yuk, berani berkata "enggak dulu" sebelum kita siap secara mental, rohani, dan ekonomi buat nikah. Plus, udah nemu calon yang juga siap buat dampingi kita sampai maut misahin.

Emang gak mungkin gak ada masalah pas uda nikah. Pasti bakal ada hal-hal yang bikin berantem.

Tapi, kan seenggaknya, masalah bisa dikurangi kalo kita sama pasangan siap lahir batin dan sevisi dalam hidup.

Biar kasus kawin cerai, KDRT (Kekerasan dalam Rumah Tangga), atau "berantem dikit minta pisah" gak merajalela juga.

Pernah berada di posisi kaya gini? Gimana kamu nyikapinnya?

MS